Fashion (10) Just Kidd (6) Kecantikan (18) Kesehatan (45) Komputer (13) Korea (2) Pendidikan (4) Relationship (19) Teknologi (18) Tips (8) Umum (15)

Kamis, 03 Mei 2012

Ingat Masa Lalu Memperburuk Kesehatan

Ghiboo.com - ​Setiap orang pasti memiliki masa lalu yang tak mengenakkan. Kenangan buruk tak hanya membuat seseorang trauma dan stres, namun juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan fisiknya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang masih mengingat masa lalu dengan penyesalan mengenai kesempatan-kesempatan yang terlewatkan atau kenangan buruk, lebih cenderung sakit-sakitan kelak saat menjalani masa tuanya. Selain itu, orang-orang tersebut juga lebih sensitif terhadap rasa sakit.


Penelitian ini dilakukan oleh University of Granada, Spanyol, terhadap 50 orang. Peneliti menanyakan perasaan mereka mengenai masa depan dan masa lalu, termasuk kesehatan fisik dan mental serta kualitas hidupnya.

Peneliti menemukan orang yang masih memikirkan masa lalu lebih cenderung mengalami depresi dan cemas. Mereka juga lebih pesimis atau memiliki pemikiran fatalistik yang menimbulkan masalah besar terhadap kualitas kesehatannya, sehingga lebih sensitif terhadap penyakit dan lebih mudah jatuh sakit.


"Menurut apa yang kami amati dalam penelitian, yang paling memengaruhi kesehatan adalah persepsi di masa lalu. Kenangan buruk di masa lalu sangat berhubungan dengan rendahnya kualitas kesehatan," papar Christian Oyanadel, dilansir melalui Telegraph, Rabu (28/3).


Peneliti menjelaskan bahwa orang-orang yang paling sehat dan bahagia merupakan mereka yang berhasil menikmati masa-masa kini, dimana mereka belajar mengenai masa lalu sambil merencanakan masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar